Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umak Recipes; Belajar Digital Marketing Bersama UMKM Bank Indonesia Bangka Belitung

Belajar Digital Marketing Bersama UMKM Bank Indonesia Bangk Belitung. Ezelinnata, pemilik UMKM "Umak Recipes", tengah melangkah maju dalam dunia bisnis kuliner. Dengan semangat untuk mengembangkan usahanya, ia mengikuti program On Boarding UMKM Bank Indonesia Bangka Belitung, Ezelin mendapatkan kesempatan belajar langsung dari para ahli digital marketing, salah satunya Suryadin Laoddang a.k.a Dosen Jualan. Melalui program ini, Ezelinnata berharap dapat menguasai strategi pemasaran digital yang efektif untuk meningkatkan jangkauan dan penjualan produk-produk "Umak Recipes". Dengan bekal ilmu baru ini, ia siap membawa bisnisnya ke level yang lebih tinggi dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Yuk kita simak penuturan dan cerita dari Ezelinnita..

Pengalaman Berharga

Menjadi peserta On Boarding UMKM Bank Indonesia merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya sebagai pelaku UMKM di Belitung Timur. Saya merasa beruntung menjadi salah satu dari 30 peserta terpilih dan terkurasi dari 330 pendaftar se-Bangka Belitung. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari yaitu dari 30 Mei - 1 Juni 2024, di Hotel Swiss-Bel Pangkalpinang. Banyak ilmu dan pengalaman baru yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut terutama tentang bagaimana mengelola bisnis saya khususnya dalam pemasaran secara digital. 

Selama 3 hari, kami bertemu langsung dengan para mentor yang ahli dibidangnya. Mereka menyampaikan materi dan berbagi ilmu yang sangat penting dalam pengembangan bisnis antara lain, bagaimana memaksimalkan peran media sosial dalam meningkatkan penjualan, menjalin hubungan dengan pelanggan, pemanfaatan AI dalam membuat konten, hingga membangun sebuah tim di perusahaan. Semua materi-materi tersebut merupakan pembelajaran baru yang saya dapatkan dan siap diterapkan pada pengelolaan bisnis saya.

Mengingat bahwa saya mengelola usaha dibidang kuliner, menjual produk makanan yang enak tidaklah cukup untuk meningkatkan omset. Hal ini harus diiringi oleh aktivitas pemasaran yang optimal. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan penjualan di marketplace dan media sosial. Terlebih saat ini kita harus menyesuaikan trend dalam penjualan produk, misalnya dengan melakukan live selling pada beberapa platform media sosial. Sehingga pembeli akan selalu merasa nyaman dalam bertransaksi dengan kita, serta produk-produk yang kita jual selalu dibutuhkan oleh pembeli.

Ilmu Baru dengan Belajar Digital Marketing ke Ahlinya

Selain itu, cara menjalin hubungan yang baik kepada customer juga sangat penting. Pada materi Customer Relationship Management, pentingnya membuat klasifikasi calon pembeli dengan cara sederhana, misalnya melalui Whatsapp. Untuk mencapai target yang maksimal kita perlu melakukan follow up secara intens kepada calon pelanggan hingga mereka menentukan produk apa yang akan dibeli. Sebagai business owner, kita juga harus mengenal pelanggan kita, hal ini bisa dilakukan dengan cara Customer Relationship Management. Selain itu, melalui CRM kita juga bisa menganalisa jumlah pembeli yang datang setiap bulannya, hal ini akan mempermudah kita dalam menganalisa dan menentukan arah perkembangan bisnis kedepannya.

Lalu ada satu lagi materi yang sangat mudah diterapkan dalam aktivitas sehari-hari bisnis kita, yaitu pemanfaatan AI dalam membuat konten. Sesi ini benar-benar menyenangkan karena kami bisa langsung praktek bagaimana membuat konten dengan menggunakan AI. Saat ini ternyata sudah banyak media yang bisa digunakan dalam membuat konten dengan mudahnya. Salah satu contohnya adalah membuat caption yang sesuai dengan produk yang dijual. Kita hanya perlu meminta bantuan AI untuk membuat caption, lalu akan muncul referensi caption seperti apa yang kita inginkan. Menurut saya membuat konten yang menarik sangat dibutuhkan untuk menarik interaksi lebih banyak dengan pembeli. Seandainya membuat konten bisa semudah ini, lalu tidak ada alasan lagi untuk tidak membuat konten bisnis setiap hari bukan?

Tidak hanya mendapatkan materi yang bermanfaat untuk bisnis kami, tetapi kami juga mendapatkan sesi one on one coaching dengan para mentor. Sesi ini lah yang paling ditunggu-tunggu karena disini kami bisa berdiskusi langsung mengenai permasalahan, solusi, dan rencana bisnis kami kedepannya. Selain itu para mentor juga menilai dan memberi masukan secara langsung terhadap produk-produk yang kami bawa, mulai dari sisi kemasannya, jenis produknya, hingga bagaimana pemasarannya. Menurut saya pada sesi ini lah kami bisa leluasa menerima saran dan kritik yang membangun. Saran yang disampaikan tidak melulu untuk pengembangan bisnis, tetapi juga untuk pengembangan diri bagi kami selaku business owner.

Suryadin Laoddang, Pakar Digital Marketing

Pembelajaran yang paling berkesan bagi saya adalah saat materi membangun tim digital marketing yang dipaparkan oleh Pak Suryadin Laoddang atau dikenal dengan @dosenjualan. Beliau tidak hanya menjelaskan bagaimana cara dan strategi merekrut karyawan di sebuah perusahaan, tetapi juga bagaimana menilai karakter seseorang. Salah satu contohnya adalah bagaimana menilai kepribadian seseorang dari cara meletakkan sepatu. Disini semua peserta diminta untuk mempraktekkannya. Tidak ada yang menyangka ternyata kecocokan pekerjaan bisa dilihat dari cara meletakkan sepatu. Dari sini lah saya belajar bahwa seorang business owner harus bisa menempatkan karyawan sesuai dengan karakter dan keahliannya.

Dari kegiatan ini saya juga belajar bahwa di atas langit masih ada langit. Saya bertemu dengan pelaku/pemilik usaha Bangka Belitung dari berbagai kalangan. Mereka hadir sebagai orang-orang terpilih yang memiliki keunikan tersendiri dengan produknya masing-masing. Beberapa peserta juga membagikan ceritanya dalam mengelola bisnis mereka. Cerita-cerita tersebut tentunya menjadi pembelajaran dan motivasi bagi saya. Bukan lagi usaha kaleng-kaleng, sebagian peserta merupakan pemilik usaha yang sudah memiliki omset di atas 30 juta setiap bulan. Bahkan ada yang sudah memiliki omset bulanan di atas 100 juta. Luar biasa keren bukan?

Saya sangat bersyukur bisa menjalani kegiatan On Boarding ini. Terima kasih kepada Bank Indonesia dan tim Nabata Consulting yang sudah memberikan kesempatan kepada saya. Saya menyadari tidak semua pelaku UMKM bisa mendapatkan kesempatan yang luar biasa ini. Untuk itu selesai dari kegiatan ini saya memiliki keinginan untuk berbagi ilmu yang sudah saya dapatkan dengan teman-teman pelaku UMKM di Belitung Timur. Sehingga kami bisa bersama-sama berperan dalam kemajuan perekonomian di Belitung Timur. Apalagi saat ini sudah banyak anak-anak muda di Belitung Timur yang melek dalam berwirausaha. Tentunya ini akan sangat berguna bagi mereka.

Motivasi Mengembangkan Bisnis

Setelah mengikuti kegiatan On Boarding ini saya semakin termotivasi untuk menjadi pengusaha sukses dan membuat usaha saya Umak Recipes menjadi semakin melesat berkembang. Saya berharap dengan menerapkan ilmu-ilmu yang saya dapatkan disini, bisa menjadi langkah dalam meningkatkan omset setiap bulannya. Impian saya adalah produk-produk Umak Recipes khususnya produk unggulan kami yaitu dimsum dan pangsit pedas chili oil bisa semakin dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya dikenal di Bangka Belitung, tetapi juga bisa mencapai pasar Nasional dan Internasional. Serta kedepannya kami bisa semakin berinovasi dengan produk-produk baru yang bisa dinikmati oleh masyarakat di luar Pulau Belitung.

Yuk teman-teman yang ingin mencicipi lezatnya produk-produk kami bisa langsung mampir ke Outlet Umak Recipes yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Manggar, Belitung Timur. Teman-teman juga bisa menjadikan produk kami sebagai hadiah ulang tahun yang unik, yaitu berupa Dimsum Birthday Cake. Lalu, bagi yang ingin mengirimkan hadiah menarik untuk kerabat atau orang tersayang pada momen tertentu juga bisa pesan Dimsum Hampers kami. Selain itu, kami juga menerima pesanan Dimsum Tampah dan Katering yang bisa dijadikan hidangan di acara keluarga dan kantor. Bagi yang berada di luar Pulau Belitung bisa melakukan pemesanan langsung via Whatsapp 081806441884 atau DM ke akun Instagram @umakrecipes, tersedia pengiriman dalam kemasan frozen juga loh. Ditunggu pemesanannya ya!

 

Salam hangat.  

Ezelinnata

Owner Umak Recipes

 

Posting Komentar untuk "Umak Recipes; Belajar Digital Marketing Bersama UMKM Bank Indonesia Bangka Belitung"